Berikut terdapat 2 buah contoh RPP yang menggunakan pendekatan CTL, sebagai bahan untuk didiskusikan oleh para guru dalam meningkatkan proses pembelajaran sehingga lebih bermakna bagi siswa. Format berikut sebenarnya tidak baku guru memungkinkan untuk mengembangkan Skenario atau Rencana Pembelajaran yang memungkinkan berbagai model dapat dilakukan dalam proses pembelajaran.
cintoh 1.
SKENARIO/RENCANA PEMBELAJARAN
MODEL: COOPERATIVE LEARNING
TEKNIK: JIGSAW
Jenis sekolah | : | SMP |
Mata pelajaran | : | IPS (Geografi) |
Kelas/semester | : | VII/Dua |
Standar kompetensi | : | Kemampuan memahami perubahan unsur-unsur fisik muka bumi dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia di muka bumi |
Kompetensi dasar | : | Kemampuan mendeskripsikan proses-proses yang terjadi di atmosfer dan pengaruhnya terhadap kehidupan |
Materi pokok | : | Atmosfer dan pengaruhnya bagi kehidupan |
Indicator | : | 1. Mendeskripsikan sifat-sifat atmosfer bumi. 2. Mendeskripsikan cuaca dan iklim. 3. Menghitung suhu udara daerah berdasarkan ketinggian. 4. Menunjukan alat pengukur cuaca dan cara kerjanya. |
waktu | : | 2 x 40 menit |
Tujuan | : | Memfasilitasi siswa agar dapat mendeskripsikan proses-proses yang terjadi di atmosfer. |
Media | : | Kartu pembelajaran dan lembar kerja siswa yang berkaitan dengan atmosfer dan pengaruhnya terhadap kehidupan. |
Pendekatan | : | CTL |
Model pembelajaran/teknik | : | Cooperative learning/jigsaw |
Metode | : | Diskusi, Tanya-jawab |
Scenario/strategi pembelajaran | ||
1. Pendahuluan | : | 10 menit |
a. Siswa mendapat penjelasan mengenai kegiatan yang akan dilakukan sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. b. Mengadakan tanya jawab mengenai atmosfer dan pengaruhnya bagi kehidupan yang sudah dimiliki siswa. (constructivisme and questioning) | ||
2. Kegiatan inti | : | 55 menit |
a. Siswa dibagi kedalam 6 kelompok induk masing-masing anggota kelompok yang nomornya sama membentuk kelompok ahli. b. Setiap kelompok ahli mendapat kartu pembelajaran yang harus didiskusikan (inquiry and learning community. Kelompok ahli 1 dan 2 mendapatkan kartu no. 1 tentang lapisan atmosfer, kelompok 3 dan 4 mendapat kartu no. 2 tentang wacana cuaca dan iklim , dan kelompok ahli 5 dan 6 mendapatkan kartu no. 3 tentang alat-alat pengukur cuaca (modeling). c. Kelompok ahli 1membahas soal no. 1-3 yang ada dalam kartu no.1 dan kelompok ahli 2 membahas soal no. 4-6. d. Kelompok ahli 3 membahas soal no. 1-2 yang ada dalam kartu no. 2 dan kelompok ahli 4 membahas soal no. 3-4 e. Kelompok ahli 5 membahas soal no. 1-2 yang ada dalam kartu no. 3 dan kelompok ahli 6 membahas soal no. 3-4 f. Setelah selesai berdiskusi masing-masing kelompok ahli kembali ke kelompok induk untuk melaporkan hasil pembahasan di kelompok ahli, sehingga nantinya dalam kelompok induk akan diperoleh laporan yang lengkap tentang bahasan pembelajaran yang dilaksanakan. g. Masing-masing perwakilan dalam kelompok induk mempresentasikan hasil pembahasanya, kelompok lainnya menanggapi dan melengkapi. | ||
3. Penutup | : | 15 menit |
a. Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi dan presentasi siswa. b. Menugaskan siswa untuk membuat laporan secara individu mengenai bahasan LKS pada hari itu. (reflection) | ||
penilaian | : | a. Partisipasi siswa dalam kelompok b. Keberanian mengungkapkan pendapat c. Laporan individu (authentic assessment) |
LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS DALAM PEMBELAJARAN
(AUTHENTIC ASSESSMENT)
No. | Nama siswa | Kegiatan | ||||
Presentasi | Menanggapi | Bertanya | Menjawab | Total | ||
1. | ||||||
2. | ||||||
3. | ||||||
4. | ||||||
5. |
Keterkaitan rencana pembelajaran dengan komponen CTL.
1. Kontruktivisme tercermin pada kegiatan Tanya jawab mengenai atmosfer dan pengaruhnya terhadap kehidupan yang sudah dimiliki siswa, yaitu siswa mencoba mengungkapkan konsepsi awal tentang atmosfer dan pengaruhnya terhadap kehidupan. Tahap eksplorasi dilakukan pada tahap berikutnya.
2. Inquiry dikembangkan saat siswa berdiskusi, menggali informasi dari buku dan mengerjakan lembar kerja.
3. Questioning dilakukan pada saat terjadi tanya jawab baik dengan guru maupun dengan dengan sesama teman dalam kelompok atau antar kelompok.
4. Learning community tercermin dalam kegiatan diskusi.
5. Modeling dalam rencana pembelajaran ini adalah model yang digunakan berupa gambar lapisan atmosfer pada lembar kerja serta alat-alat pengukur cuaca dan iklim.
6. Reflection tercermin di akhir pembelajaran yaitu dengan menugaskan siswa untuk membuat laporan /catatan hasil pembahasan.
7. Authentic assessment tercermin dalam penilailan yang menekankan pada berbagai aspek.
Contoh Kartu Pembelajaran
(Untuk Contoh Skenario/Rencana Pembelajaran)
Model: Cooperative Learning
Teknik : Jigsaw
Kartu 1
(Untuk Kelompok Ahli 1 dan 2)
LAPISAN ATMOSFER
|
Kartu 2
(Untuk Kelompok Ahli 3 dan 4)
|
|
Kartu 3
(Untuk Kelompok Ahli 5 dan 6)
|
Contoh skenario/RPP 2
RENCANA PEMBELAJARAN (LESSON PLAN)
Berbasis Kemampuan
I. Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Materi Pokok : Kegiatan Pokok Ekonomi
Kelas / Semester : VII / Genap
Pertemuan ke : 1
Waktu : 2 x 45’ (2 JP)
II. Standar Kompetensi : Kemampuan memahami unsur-unsur usaha berekonomi
Kompetensi Dasar : Kemampuan menganalisis kegiatan pokok
ekonomi dalam kehidupan sehari-hari..
III. Materi Pembelajaran : Kegiatan Konsumsi Barang dan Jasa
IV. Kegiatan Belajar Mengajar / Skenario Pembelajaran
No. | Kegiatan | Waktu | Unsur CTL |
1. 2. 3. | Kegiatan awal : § Guru membuka pembelajaran dengan memberikan pertanyaan: - Barang apa saja yang kalian makan sehari-hari? - Apakah kalian menggunakan barang dalam kehidupan sehari-hari-hari? - Apakah kalian menggunakan angkutan ke sekolah? § Selanjutnya guru mengarahkan siswa agar tertarik terhadap materi Kegiatan konsumsi dengan menjelaskan bahwa konsumsi merupakan kegiatan pokok ekonomi yang dilakukan setiap hari oleh semua orang. § Pembentukan kelompok - Siswa diberi kartu yang berisi gambar bintang, topi, bebek, pelangi, gunung dan delman (6 kelompok) - Siswa bernyanyi sesuai dengan gambar sambil mencari teman yang menyanyikan lagu yang sama. - Setelah bertemu teman-temannya, siswa berkumpul masing-masing kelompok dengan jumlah anggota masing-masing 6 s.d. 7 orang. Kegiatan Inti : § Pembelajaran dilanjutkan dengan metode diskusi melalui cooperatif learning. Guru membagikan soal yang berkaitan dengan Kegiatan konsumsi kepada masing-masing kelompok. § Masing-masing kelompok mendiskusikan dan mencatat hasil diskusinya. § Tiap kelompok menyajikan hasil diskusi masing-masing kelompok 5 menit. § Hasil pekerjaan tiap kelompok dikumpulkan. Dan siswa kembali ke tempat duduk masing-masing. § Pembelajarn dilanjutkan dengan permainan ADU CEPAT MENJODOHKAN, dengan langkah-langkah: - Guru menyediakan kertas yang berisi pertanyaan disebelah kiri dan jawaban disebelah kanan. Guru menjelaskan cara pengerjaannya yaitu: satu orang anggota kelompok mengerjakan soal didepan, setelah itu dilanjutkan oleh anggota kelompok lain terus-menerus secara bergiliran selama 15 menit. - Kelompok yang paling banyak menjawab benar diberi hadiah/reword. § Hasil pekerjaan kelompok dalam permainan di kumpulkan. Kegiatan Akhir § Guru memberikan waktu pada siswa untuk merenungkan kembali materi Kegiatan Konsumsi. § Guru menyimpulkan materi. § Siswa mencatat hasil kesimpulannya. | 5 menit 5 menit 20 menit 30 menit 20 menit 10 menit | Questi oning Learning community Learning community Authentic Refleksi |
V. Sarana dan Sumber Pembelajaran
§ Kartu bergambar bintang, topi, bebek, pelangi, gunung dan delman
§ Buku Pelajaran IPS Ekonomi terbitan Tiga Serangkai
§ LKS
§ Gambar-gambar prilaku Komsumsi
VI. Pendekatan dan Metode
§ Pendekatan CTL
§ Metode Diskusi dan Tanya jawab
§ Model pembelajaran cooperative learning
VII. Penilaian
§ Penilaian Proses Pembelajaran (Kognitif, Afektif dan Psikomotor)
§ Penilaian hasil pekerjaan kelompok.
§ Soal untuk tiap kelompok:
1). Apa yang dimaksud dengan konsumsi dalam arti sempit?
2). Apa yang dimaksud dengan konsumsi dalam arti luas?
3). Apa yang dimaksud dengan prilaku konsumtif?
4). Jelaskan asas-asas dalam melakukan kegiatan konsumsi
5). Sebutkan barang dan jasa yang digunakan oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari!
6). Sebutkan barang dan jasa yang digunakan oleh keluargamu dalam kehidupan sehari-hari!
7). Sebutkan kebaikan dari prilaku konsumtif!
8). Sebutkan kejelekan dari prilaku konsumtif
9). Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan konsumsi!
§ Soal untuk permainan ADU CEPAT MENJODOHKAN terlampir
Format Penilaian Observasi (Kegiatan Siswa)
No. | Nama Siswa | Penilaian | Rata-rata | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | |||||||
2 | |||||||
3 | |||||||
4 | |||||||
5 | |||||||
6 |
Keterangan : Skor
1. Aspek keaktifan 50 - 100
2. Aspek penilaian
3. Kerjasama
4. Mengemukakan pendapat
5. Menjawab pertanyaan
Mengetahui: Kepala UPTD SMP Negeri 2 Lebakwangi | Lebakwangi, 2 Januari 2006 Guru IPS i, |
MENJODOHKAN
KIRI | KANAN |
1. Kegiatan memakai atau menghabiskan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan disebut 2. Asas yang mengandung pengertian bahwa jumlah nilai barang yang dikonsumsi lebih kecil dari pada penghasilan. 3. Asas yang mengandung arti penggunaan jumlah barang yang dikonsumsi sama dengan penghasilan. 4. Andi sakit, sehingga ia berobat ke dokter. Kegiatan andi termasuk konsumsi 5. adalah kecenderungan melakukan kegiatan konsumsi sebanyak mungkin. 6. Orang yang melakukan kegiatan konsumsi 7. Keburukan dari prilaku konsumtif yaitu berbelanja secara berlebihan mengakibatkan 8. Semakin banyak jumlah anggota keluarga maka penggunaan barang untuk dikonsumsi akan lebih 9. Jika harga barang mahal, maka jumlah konsumsi masyarakat lebih 10. Asas yang mengandung pengertian bahwa penggunaan barang/jasa yang dikonsumsi lebih besar daripadapenghasilan disebut | A. jasa B. konsumen C. sedikit D. Konsumtif E. pemborosan F. barang G. banyak H. konsumsi I. Asas Depisit J. Daya beli K. Asas berimbang L. Konsumtif M. Surplus |
1 komentar:
trima kasih,,ini sangaad bermanfaat :)
Posting Komentar